0 0
Gutterres Akan Tetap Menjabat Sebagai Sekjen PBB Meski Israel Memintanya Mengundurkan Diri - JUJU INFORMASI
polaslot138
polaslot138
polaslot138
polaslot138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
epicwin138
epicwin138
epicwin138
disko69
demo slot pragmatic
slot server thailand
disko69
dino69
lambe77
lambe77
wibu69
dino69
dino69
pargoy88
disko69
disko69
slot thailand
dino69
akun pro jepang
slot gacor
slot vietnam
Sekjen PBB, Antonio Guterres.

Gutterres Akan Tetap Menjabat Sebagai Sekjen PBB Meski Israel Memintanya Mengundurkan Diri

Read Time:2 Minute, 2 Second

Jumat, 8 Desember 2023 – 14:58 WIB

New York –Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, dipastikan tetap menjabat hingga mandatnya berakhir meski Israel meminta Guterres mengundurkan diri setelah dia menyerukan pasal yang sangat jarang digunakan dari Piagam PBB untuk merespons konflik Gaza.

“Anda bisa melihat Sekjen (PBB) bekerja esok hari, dan hingga akhir masa jabatannya,” kata Juru Bicara Guterres, Stephane Dujarric kepada reporter di New York pada Kamis waktu setempat.

Ia mengatakan komunikasi PBB dengan otoritas Israel berlangsung setiap hari, “jika tidak sepanjang waktu,” baik pada tingkat politik maupun operasional sistem kemanusiaan.

Baca Juga :

Salahkan AS Atas Perang di Gaza, Putin ke Timur Tengah Bela Palestina

VIVA Militer: Serangan artileri militer Israel

“Kami tidak selalu mencapai kesepakatan, tetapi menurut saya komunikasi yang tengah berjalan sangat profesional hingga saat ini,” kata Dujarric.

Untuk pertama kalinya sejak menjabat Sekjen PBB pada 2017, Guterres pada Rabu (6/12) menulis surat kepada Dewan Keamanan PBB untuk memohon dewan tersebut mencegah bencana kemanusiaan di Gaza dan menyerukan gencatan senjata kemanusiaan.

Dalam surat tersebut, Guterres mengutipkan Pasal 99 Piagam PBB yang memberikan wewenang kepada Sekretaris Jenderal untuk menarik perhatian Dewan Keamanan PBB terhadap setiap keadaan yang, menurut pendapatnya, dapat membahayakan perdamaian dan keamanan internasional.

“Harapan Sekretaris Jenderal terhadap Dewan Keamanan, dalam menjalankan tanggung jawabnya berdasarkan Piagam PBB sangat jelas dalam surat tersebut, yang untuk pertama kalinya ia menyebutkan Pasal 99,” kata Dujarric.

Ketika ditanya mengenai penangkapan jurnalis di Jalur Gaza, Dujarric mengatakan PBB akan terus menekankan risiko yang dihadapi jurnalis dalam meliput konflik. “Banyak kolega Anda telah mengorbankan jiwanya di Gaza, dan informasi mengenai keberadaan dan alasan di balik penahanan jurnalis harus dipublikasikan secepat mungkin,” ujar dia.

Baca Juga :

Gelombang Serangan Hizbullah di Front Utara Israel Bikin Netanyahu Naik Darah

Tempat penampungan sementara untuk para pengungsi Palestina di Jalur Gaza tengah.

Photo :

ANTARA/Xinhua/Rizek Abdeljawad.

Israel melanjutkan serangan militernya di Jalur Gaza pada 1 Desember, setelah berakhirnya sepekan jeda kemanusiaan yang disepakati dengan kelompok pejuang Palestina, Hamas.

Sedikitnya 17.177 warga Palestina tewas dan lebih dari 46.000 orang terluka akibat serangan Israel di Gaza, yang dilancarkan untuk membalas serangan lintas batas Hamas pada 7 Oktober 2023. (Ant/Antara)

Baca Juga :

Amnesty Internasional Investigasi Senjata Buatan AS Digunakan Israel di Gaza

AS Tetap Ingin Normalisasi Hubungan Saudi-Israel di Tengah Perang Gaza

Utusan Energi mengatakan bahwa  harapan akan normalisasi hubungan antara Arab Saudi dan Israel seharusnya tidak hilang dan hal itu tetap menjadi tujuan AS.

VIVA.co.id

8 Desember 2023

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Follow us

Tags

Outdoors