0 0
Pemerintah Arab Saudi Selidiki Layanan Bermasalah di Puncak Haji, Kata Menag Yaqut - JUJU INFORMASI
polaslot138
polaslot138
polaslot138
polaslot138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
epicwin138
epicwin138
epicwin138
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Pemerintah Arab Saudi Selidiki Layanan Bermasalah di Puncak Haji, Kata Menag Yaqut

Read Time:1 Minute, 32 Second

Selasa, 11 Juli 2023 – 00:00 WIB

Jakarta – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi upaya pemerintah Arab Saudi mengusut persoalan yang terjadi saat puncak ibadah haji di Masyair (Arafah, Muzdalifah, Mina). Saat ini Menag sedang menunggu hasil investigasi dari tim gabungan yang dibentuk Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Haji Arab Saudi.

Baca juga:

Fantastis, Al Ittihad Siap Bayar Paul Pogba dengan Harga Selangit

Hal itu disampaikan Menag saat bertemu dengan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal bin Abdullah Al-Amudi di Kantor Kementerian Agama, Jakarta. Menag mengungkapkan, pihaknya telah menyampaikan kepada Menteri Tawfiq bahwa selama di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) ada beberapa catatan.

Mulai dari masalah keterlambatan distribusi sembako, keterlambatan penjemputan di Muzdalifah, hingga masalah tenda dan toilet di Mina. “Kami sudah melakukan analisis, dan masalahnya ada di Mashariq sebagai serikat pemasok. Ini sudah kami sampaikan ke Menteri Tawfiq, dan beliau sangat responsif,” kata Menag Yaqut, Senin 10 Juli 2023.

Baca juga:

Wakil Ketua MPR mendesak Kementerian Agama untuk memprotes layanan haji

“Kami sepakat untuk membentuk tim investigasi. Saat ini, setidaknya telah dilakukan dua pertemuan, dan tim tersebut masih bekerja. Kami akan menunggu hasilnya dalam satu atau dua minggu ke depan. Kami mengapresiasi pemerintah Saudi sangat kooperatif,” lanjut Menteri Agama.

Menag juga mengapresiasi berbagai fasilitas yang diberikan pemerintah Arab Saudi kepada jemaah haji Indonesia. Misalnya, menurut Menag, tata cara masuk Raudhah menggunakan tasreh sangat memudahkan jemaah.

Baca juga:

3 Jemaah Hilang di Armuzna Tak Ditemukan, PPIH Gencar Lakukan Pencarian

“Jemaah lebih tertib dan mendapat kesempatan yang sama untuk ke Raudhah. Sangat membantu. Kondisi di Masjidil Haram juga lebih tertib dari tahun-tahun sebelumnya,” ujar Gus Men, sapaan akrab Menag.

Jamaah haji asal Indonesia di Muzdalifah

Foto : KIA 2023 | Lutfi Dwi Pujiastuti

Halaman selanjutnya

Termasuk, lanjut Gus Men, ketika pemerintah Indonesia memutuskan untuk memberikan tambahan hadiah zamzam bagi jemaah, pemerintah Arab Saudi sangat membantu.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Follow us

Tags

Outdoors